Tips Mudah Menghemat Listrik Agar Pemakaian Tidak Membengkak

Sekarang ini, ketergantungan masyarakat pada listrik sangat tinggi. Energi hasil bumi yang tidak dapat diperbaharui ini tidak hanya mempermudah aktivitas keseharian kita, namun juga mempermudah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tapi bisakah menghemat besarnya konsumsi daya listrik? Yuk, simak tips mudah menghemat listrik agar Anda tidak kaget dengan besarnya biaya saat cek tagihan listrik online.


Tips Hemat Listrik untuk Skala Rumah Tangga

Semakin tinggi kebutuhan listrik tentu biaya yang dikeluarkan pun akan semakin membengkak. Salah satu cara agar penggunaan listrik tidak menggerus biaya-biaya lain dalam urusan keuangan rumah tangga tentu dengan cara berhemat. Masalahnya, apakah kita tahu bagaimana cara melakukannya?

Daripada ambil pusing dan menerka-nerka seperti apa sih cara mudah hemat listrik agar saat cek tagihan listrik online tidak kaget dengan biayanya, mari kita simak tips-tipsnya berikut ini, yaitu :

1. Cabut Kabel dari Saklar Saat Alat Listrik Tidak Dipakai

Langkah mudah menghemat listrik pertama-tama adalah dengan mencabut seluruh kabel dari saklar jika alat-alat listrik tersebut tidak digunakan. Misalnya saja jika sudah selesai charge ponsel, cabut charger dari saklar. Hal serupa juga berlaku untuk laptop. Matikan dan cabut kabel charger laptop jika tidak dinyalakan.

Mungkin sebagian dari Anda beranggapan jika hal diatas sangat sepele dan tidak berpengaruh terhadap penggunaan listrik. Padahal sesungguhnya, peralatan elektronik yang tetap tertancap di saklar meski tidak dinyalakan akan tetap mengkonsumsi listrik dan tentu sangat sia-sia. Jadi jangan heran jika Anda tidak merubah kebiasaan jelek tersebut dan mendapati tagihan listrik Anda sangat banyak di akhir bulan.

2. Gunakan Listrik dengan Metode Sistem Pulsa

Salah satu cara mudah untuk menghemat listrik adalah dengan menggunakan sistem pulsa pada penggunaannya. Bagi yang belum tahu, sistem pulsa sama halnya dengan listrik prabayar atau prepaid. Dengan sistem ini, maka penggunaan bulanan Anda tidak akan membengkak karena bisa dengan mudah terkontrol melalui penggunaan pulsa.

Biasanya, mereka yang menggunakan sistem pulsa akan membuat budget penggunaan dalam satu bulan. Jadi jika listrik melebihi estimasi budget, Anda bisa segera menghemat penggunaan alat-alat elektronik di rumah. Jika pulsa habis, Anda pun juga bisa membelinya kembali sesuai kebutuhan Anda. Tentunya selain mudah, cara ini juga membuat Anda lebih bijaksana dalam menggunakan listrik di rumah tangga.

3. Matikan Lampu Jika Tidak Digunakan

Salah satu konsumsi daya listrik terbesar dalam rumah tentu datang dari penggunaan lampu. Jika rumah Anda memiliki lebih dari 5 ruang, maka tentu Anda akan menggunakan minimal 5 lampu juga untuk penerangan. Semakin besar rumah Anda, maka penggunaan lampu juga semakin banyak sehingga konsumsi daya juga semakin besar.

Tidak perlu risau. Cukup bijaksana dalam menggunakan lampu. Matikan lampu di ruangan yang tidak digunakan. Selain itu, manfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan kala siang hari agar kebutuhan listrik Anda terjaga.

4. Jangan Nyalakan AC Selama 24 Jam

Indonesia memang memiliki suhu tropis dimana cuaca bisa sangat gerah di siang maupun malam hari. Kipas angin pun terkadang di kota besar sudah tidak mempan. Untuk itu, penggunaan AC sudah menjadi hal yang wajar. Hanya saja, menggunakan AC selama 24 jam penuh juga sangat berimbas pada tagihan listrik Anda nantinya.

Untuk berhemat, maka ada baiknya Anda tidak menyalakan AC selama 24 jam. Nyalakan AC saat Anda ada di dalam ruangan dan matikan AC jika Anda tidak ada di rumah. Pasalnya, AC memakan konsumsi daya listrik yang lebih banyak jika dibanding alat elektronik lainnya.

Demikian ulasan tentang tips hemat listrik. Nah, Anda yang ingin cek tagihan listrik online bisa menggunakan aplikasi Blibli.com. Selain mudah, disana juga banyak promo unggulan. Semoga ulasannya bermanfaat.

Share:

1 komentar:

Terkini

Label