3 Cara Atasi Kerusakan pada Tampilan Layar Televisi

Televisi atau TV merupakan media elektronik yang  bagi kebanyakan orang biasa digunakan sebagai hiburan. Tak hanya hiburan saja, berbagai informasi pun bisa Anda temukan dengan adanya TV ini. Mulai dari berita, talkshow, sinetron, film, ftv dan lain-lain pun bisa Anda temukan. Namun lambat laun TV bisa jadi mengalami kerusakan, alhasil Anda memutuskan untuk menggunakan jasa service TV untuk memperbaikinya.


Sebelum Anda terburu-buru membawanya ke tukang service, ada baiknya jika Anda mencoba memperbaikinya sendiri. Agar bisa mengatasinya, tentu Anda perlu mengenali penyebab terjadinya kerusakan pada TV, terutama yang berhubungan dengan tampilan gambar pada layar TV. Berikut ini berbagai kerusakan pada tampilan gambar di TV dan cara mengatasinya yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Adanya flek atau warna pelangi pada layar TV

Kerusakan yang ditandai dengan munculnya warna pelangi atau flek, kerap kali terjadi pada TV. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan posisi TV yang sering kali digonta-ganti ataupun diputar ke arah yang berbeda. Selain itu, bisa juga diakibatkan karena TV diletakkan di atas media yang berbahan logam. 

Cara mengatasi adanya flek ini yaitu dengan melakukan pengaturan automatic degancing yang terdapat dalam fitur TV. Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya dengan mematikan TV dengan cara yang berbeda dari biasanya. Matikan TV dengan mencabut AC Lord PTC dan membiarkannya sampai kondisi TV dingin kembali. Biasanya setelah langkah ini dilakukan, flek akan hilang.

2. Gambar pada layar TV bergaris-garis

Kerusakan yang kedua yaitu gambar pada layar tv bergaris-garis namun masih berwarna dan tidak buram. Jika hal ini terjadi pada TV, Anda akan merasa tidak nyaman ketika menonton TV. Gambar pun akan terlihat tidak jelas karena terdapat garis-garisnya. Kerusakan ini bisa terjadi karena adanya kerusakan pada bagian power supply, yang mana tegangan yang masuk terlalu besar.

Cara mengatasi adanya garis-garis ini yaitu dengan mengukur tegangan pada elco. Jika tegangan elco tidak sesuai maka komponen tersebut tidak dapat bekerja secara maksimal. Anda bisa mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Jika hal ini tidak dapat teratasi, Anda bisa membawanya ke jasa service TV agar kerusakan pada TV Anda bisa segera ditangani.

3. Gambar setengah layar dan terlihat roboh

Kerusakan pada gambar layar TV yaitu gambar yang muncul pada layar TV hanya setengah dan tampak seperti roboh. Kerusakan yang satu ini bisa terjadi dengan dibarengi kondisi gambar yang tidak berwarna. Hal ini bisa terjadi karena salah pengaturan pada HOR Hold atau dapat juga dikarenakan oleh adanya kerusakan pada beberapa komponen yang lain. 

Cara mengatasi kerusakan pada layar ini yaitu dengan mengakses control Hold dan adjust HOR hold pada bagian tersebut. Selain itu, coba Anda periksa juga pada bagian rangkaian dual diode phase detector HFL. Pastikan komponen tersebut masih layak untuk digunakan dan bekerja dengan baik. Jika komponen tidak dalam kondisi baik, Anda bisa melakukan penggantian komponen dengan yang baru.

Itu tadi cara mengatasi berbagai kerusakan yang terjadi pada gambar yang dihasilkan oleh layar TV Anda. Ketiga cara diatas bisa Anda terapkan di rumah. Jika cara-cara di atas tidak dapat mengatasi kerusakan yang terjadi pada TV Anda, lebih baik jika membawa TV ke jasa service TV agar dapat segera diperbaiki.

Share:

1 komentar:

Terkini

Label