4 Jenis Layanan Web Hosting Untuk Membuat Website


Memilih web hosting untuk membuat website sebenarnya tidak sulit, jika Anda tahu jenis hosting yang Anda butuhkan. Meskipun demikian, beli hosting murah tidak bisa asal pilih. Hosting juga terdiri dari beberapa jenis dengan kriterianya masing-masing. Tiap hosting didesain sesuai dengan kebutuhan website. Sementara jika Anda membutuhkan hosting, Anda bisa membelinya melalui  www.domainesia.com/hosting

Jenis Layanan Web Hosting

Sebelum membeli hosting, mari ketahui terlebih dahulu jenis-jenis hosting di pasaran yang bisa Anda pilih. Ada 4 jenis hosting, yaitu:

1. Shared hosting

Layanan server pada hosting ini tidak dipakai oleh satu pengguna, melainkan dipakai bersama-sama dan dibagi dengan beberapa pengguna lainnya sekaligus. Karena dibagi dengan beberapa pengguna lainnya, hosting jenis ini lebih cocok digunakan oleh website yang belum tinggi traffic-nya.

Cocok juga digunakan oleh pemula karena jenis hosting ini memberikan banyak kemudahan. Salah satu kemudahan yang dimaksud adalah pengelolaan server sepenuhnya berada di tangan penyedia layanan. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot belajar mengelola server.

Meskipun pengelolaan server sepenuhnya dari penyedia layanan, jenis hosting ini sangat terjangkau. Jika Anda ingin beli hosting murah, Anda bisa memilih hosting jenis ini.

2. Cloud hosting

Hosting jenis ini menyimpan data website di beberapa server sekaligus. Dengan demikian, website masih bisa berjalan dengan lancar meskipun salah satu server down. Cloud hosting memiliki kemiripan dengan shared hosting pada sisi pengelolaan, yaitu pengelolaan dilakukan oleh penyedia layanan.

Bedanya adalah kapasitas penyimpanan pada hosting ini lebih besar daripada shared hosting. Selain itu, cloud hosting juga tidak digunakan bersama dengan pengguna lainnya sehingga Anda lebih leluasa.

Karena memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, hosting ini lebih cocok digunakan oleh website dengan traffic yang cukup tinggi dan membutuhkan space penyimpanan yang luas.

Harga cloud hosting masih relatif murah meskipun tidak semurah shared hosting. Namun  dengan segala layanan yang diberikan, sudah sebanding dengan harga yang harus Anda bayarkan.

3. VPS Hosting

Virtual Private Server hosting atau VPS hosting memberikan layanan hosting dengan pemakaian server yang dibagi dengan pengguna lainnya. Sekilas, hosting ini hampir sama dengan shared hosting. Bedanya adalah pada sumber dayanya. Pada shared hosting, performa website pengguna lain akan mempengaruhi performa website lainnya yang masih dalam satu server.

Sedangkan pada VPS Hosting, sumber daya yang diberikan bersifat dedicated. Artinya, performa website Anda tidak akan terpengaruh oleh performa website lain yang masih dalam satu server. Jadi, walaupun website lain yang masih dalam satu server dengan Anda mengalami down atau masalah lainnya, website Anda tidak mengalami hal yang sama.

Hosting jenis ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang sudah paham mengenai pengelolaan server karena hosting ini dikelola sendiri oleh pengguna, bukan oleh penyedia layanan. Kelebihannya adalah Anda memiliki akses penuh untuk mengubah pengaturan-pengaturan yang digunakan pada server hosting.

Harga yang ditawarkan juga relatif murah. Jadi, untuk Anda yang sudah paham pengelolaan hosting dan server, butuh sumber daya yang besar, serta performa website yang stabil, Anda bisa beli hosting murah ini.

4. Dedicated hosting

Dedicated hosting memberikan layanan satu server hanya untuk satu pengguna. Jenis hosting ini lebih cocok digunakan oleh website yang memiliki banyak data untuk disimpan dan juga memiliki traffic yang tinggi.

Selain itu, dedicated hosting juga lebih cocok digunakan oleh pengguna yang sudah paham betul pengelolaan hosting dan server karena pengelolaannya tidak dilakukan oleh penyedia hosting. Anda sebagai pengguna memiliki kuasa penuh untuk mengelola hosting jenis ini. Termasuk kebebasan dalam memilih sistem operasi dan panel kontrol serta root access.

Karena menawarkan layanan yang penuh, harga dedicated hosting terbilang mahal. Jika Anda seorang pemula dan memiliki website yang belum banyak pengunjungnya, lebih baik Anda tidak membeli hosting ini.

Itulah 4 jenis hosting yang tersedia di pasaran. Jangan sampai Anda salah pilih jenis hosting karena berbeda jenis hosting, berbeda pula cara pengelolaan, kapasitas penyimpanan, dan besaran bandwidth-nya. Untuk itu, sebelum beli hosting murah di www.domainesia.com/hosting, lebih baik konsultasikan dulu dengan penyedia layanan demi mendapatkan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label