Motor Sering Mogok? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

Menggunakan motor untuk bepergian terbilang lebih praktis. Bodinya yang lebih ramping dibandingkan mobil mampu menyalip kendaraan yang ada di depannya, sehingga Anda bisa terhindar dari antrian panjang kendaraan. Namun, mengendarai motor tentu saja tidak selalu mulus karena sewaktu-waktu motor Yamaha Anda mengalami mogok. Ini tentu saja sangat menyita waktu dan tenaga karena Anda harus mencari bengkel terdekat.


Anda tentu saja pernah mengalami hal ini. Mau tidak mau Anda harus menelepon tukang bengkel dan mengeluarkan biaya yang umumnya tidak sedikit. Untuk menghindari kejadian seperti ini, sebaiknya Anda mengetahui apa saja hal-hal yang menyebabkan motor sering mogok. Berikut ulasannya.

1. Tidak Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Salah satu alasan motor sering mogok adalah karena penggunaan bahan bakar yang tidak tepat. Bahan bakar tentu saja harus disesuaikan dengan standar motor yang Anda miliki. Namun, orang biasanya lebih tergiur dengan harga bahan bakar yang lebih murah, padahal itu tidak baik bagi kendaraannya, sehingga tidak heran jika motornya sering mogok mendadak.

Untuk itu, pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan motor Anda. Anda bisa menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi seperti pertalite atau pertamax. Semakin tinggi nilai oktan, semakin bagus pula proses pembakarannya, sehingga motor tidak akan mengalami mogok.

2. Mesin yang Overhead

Penyebab kedua motor sering mogok adalah mesin yang terlalu panas atau overheat. Ini disebabkan oleh penggunaan motor yang terlalu lama, sehingga sistem pembakaran antara linen dan pistonnya menjadi panas. Dengan demikian, suhu pada mesinnya mengalami kenaikan yang membuat liner dan pistonnya macet.

Untuk menghindari mesin yang overheat, jangan menggunakan motor terlalu lama sampai berjam-jam. Istirahatkan sejenak agar motor Yamaha Anda tidak soak. 

3. Oli yang Tidak Diganti

Salah satu fungsi oli adalah untuk melumasi komponen-komponen mesin agar gesekan-gesekan berkurang. Namun, oli tidak akan berfungsi dengan baik jika Anda tidak menggantinya dalam jangka waktu yang lama. Oli yang dibiarkan begitu saja bisa mempengaruhi kinerja mesin, sehingga motor menjadi sering mogok. 

Oleh karena itu, sebaiknya ganti oli motor Anda secara berkala, minimal satu bulan sekali atau disesuaikan dengan penggunaan. Anda bisa menggantinya sendiri atau pergi ke bengkel resminya. Gunakan oli yang berkualitas, ya!

4. Filter Udara yang kotor

Penyebab lain motor mogok adalah filter udara yang kotor. Ini tentu saja menjadi masalah yang cukup serius karena filter ini berfungsi untuk menyaring kotoran dari luar yang masuk ke dalam. Jika dibiarkan kotor, tarikan gas motor Anda akan lebih berat, bahkan bisa saja mengalami mogok. Oleh karena itu, jangan malas untuk membersihkan komponen yang satu ini.

5. Setelan Klep yang Tidak Tepat

Setelan klep yang tidak tepat juga bisa membuat motor Anda sering mogok. Klep yang dipasang terlalu rapat akan membuat motor sering mati, sehingga mesinnya menjadi mudah rusak. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memasang klep yang sesuai dengan setelan pabriknya atau menggunakan klep yang berasal dari bengkel resminya.

Itulah lima alasan mengapa motor Anda sering mogok. Jika Anda membutuhkan motor dengan spesifikasi yang canggih, Motor Yamaha bisa menjadi solusinya. Anda bisa membelinya di toko online kesayangan Anda dengan harga yang lebih bersahabat. Selain itu, Anda juga bebas memilih tipe motor yang sesuai dengan selera. So, belanja sekarang juga dan dapatkan ekstra diskon sampai Rp 2 juta!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label