4 Jenis Kain yang Sering Dijadikan Bahan Masker

Dibandingkan menggunakan masker medis, masker kain memiliki kelebihan berbeda diantaranya dari segi desain yang lebih terkesan fashionable dan tentu jatuhnya jadi lebih terjangkau dari segi harga. Maka pemerintah sendiri menyarankan penggunaan masker berbahan kain sebagai langkah pencegahan virus covid-19 yang dirasa efektif, sekaligus bisa dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Keberadaan print masker pun menjadi alternatif dalam mendesain masker lebih menarik.

Banyak yang merasa penggunaan masker kain terasa kurang nyaman karena membuat pernapasan terganggu seperti terasa sesak. Tetapi kini sudah banyak produsen masker kain yang telah memproduksi produknya dengan kain berkualitas tinggi dan lembut bagi kulit wajah.

Mengenal Berbagai Jenis Masker Kain

Dipasarkannya produk masker berbahan kain membuat masing-masing produsen memiliki pilihan kain tersendiri. Setiap kain dilengkapi kelebihan dan kekurangan. Ini dia beberapa jenis kain yang umum digunakan untuk masker.

1. Bahan Scuba

Bahan pertama ialah scuba. Jenis bahan ini tipis, tidak sesak saat digunakan, dan mengikuti bentuk wajah. Hanya saja, dalam beberapa bulan terakhir pemerintah menyarankan untuk mengurangi pengurangan masker scuba karena dirasa kurang efektif dalam menangkal virus. 

Namun scuba tetap menjadi satu jenis masker kain yang masih banyak diminati. Sebagian pengguna memberi filter tambahan seperti tisu sebelum menggunakan masker ini.

2. Kain Katun

Jenis bahan pada masker satu ini dianggap paling efektif. Walau begitu, tentu banyak ragam kualitas dari kain katun masker. Sifat kain katun ialah mudah menyerap keringat, nyaman digunakan, tidak terlalu sesak, bisa mengikuti bentuk wajah, dan mudah dibersihkan.

Perhatikan kualitas print masker kain katun yang digunakan agar masker terasa lebih nyaman, sekaligus lebih efektif. Selain itu biasanya kain akan dibuat berlapis sekitar 2-3 lapis untuk lebih mampu menyaring debu yang masuk. 

3. Kain Nilon

Kain nilon merupakan kain yang materialnya mengandung minyak bumi, sehingga dari segi tampilan lebih mengkilap dan licin. Tidak dijadikan bahan utama, nilon untuk masker biasanya dijadikan lapisan terluar dengan lebih dulu menjadikan bahan katun sebagai penyaring utama. Karena tampilannya yang mengkilap, biasanya kain ini dijadikan sebuah konsep desain agar masker terlihat lebih berbeda.

4. Kombinasi Kain

Bahan kain pada masker berikutnya yang banyak diaplikasikan ialah bahan kombinasi yang menyesuaikan kebutuhan dan desain. Kombinasi ini pun bisa meliputi bahan berhias renda, hingga brokat. Mungkin Anda sudah sering melihat banyak orang menggunakan masker dengan hiasan brokat atau pun renda dan digunakan dalam acara spesial.

Sampai saat ini, desain print masker masih paling banyak diminati masyarakat karena dinilai modern dan mampu mengikuti selera masing-masing penggunanya. Ditambah desain dibuat customize yang bisa dirancang berbeda satu dengan lainnya. Termasuk warna, bentuk, juga motif pada masker.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label