3 Bahan Alami ini Bisa Dimanfaatkan untuk Mengurangi Cedera Lutut

Tidak hati-hati dalam beraktivitas sehari-hari bisa jadi menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja Anda tiba-tiba jatuh dari sepeda dan Anda tidak mengenakan pelindung lutut sehingga membuat lutut lecet dan terasa nyeri. Beruntung jika nyeri yang dirasakan berangsur hilang, namun lain halnya jika nyeri pada lutut semakin terasa. Bukan tidak mungkin nantinya Anda disarankan untuk melakukan operasi sehingga perlu menyiapkan dana untuk biaya operasi ACL

Namun sebelum memutuskan tindakan operasi, Anda bisa mencoba bahan-bahan alami dengan kandungan yang dapat meringankan nyeri sendi. Bahan-bahan alami memiliki khasiat besar dan minim efek samping karena tidak mengandung pengawet, penyedap dan pemanis (3P). Oleh karenanya, disarankan menggunakan bahan alami terlebih dahulu untuk meredakan nyeri pada cedera lutut. 

Apa saja bahan-bahan yang dapat meringankan cedera lutut? Berikut informasinya.

1. Cuka apel

Dalam cuka apel ditemukan kandungan anti peradangan yang mampu meringankan sakit kronis. Bahan ini membantu mengurangi rasa sakit saat kaki bergerak dengan cara mengembalikan lubrikasi pada persendian lutut. Anda dapat meminumnya dengan air minum dan mengkonsumsi sebelum tidur.

2. Jahe 

Meminum jahe dalam bentuk minyak jahe, sari jahe dan jahe mentah yang belum diolah pun dapat meringankan nyeri cedera lutut. Jahe memiliki kandungan antioksidan dan gingerol. Antioksidan berperan sebagai pereda nyeri sedangkan gingerol berguna menghindari peradangan alami khususnya pada lutut. 

Cara paling mudah mengonsumsi bahan ini adalah dengan sari jahe dicampur air panas agar terasa hangat di perut. Minum jahe dengan rutin dapat membantu meredakan rasa nyeri sendi sehingga biaya operasi ACL yang telah disiapkan bisa dialihkan untuk kebutuhan lainnya.

3. Wortel 

Pengobatan tradisional China meyakini wortel dapat mengatasi sakit lutut karena kandungan beta-karoten di dalamnya. Kandungan beta-karoten yang membuat wortel berwarna khas oranye dapat berperan sebagai antioksidan. Bahan ini bisa dikonsumsi dalam kondisi matang ataupun tidak. Usahakan mengonsumsi wortel dalam porsi makan 2 kali dalam sehari. 

Demikianlah tiga bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi nyeri lutut akibat ACL. Namun apabila rasa nyeri berkurang tapi tidak kunjung hilang sepenuhnya, tidak ada salahnya untuk menyiapkan biaya operasi ACL jika pada akhirnya Anda memutuskan untuk memilih opsi terakhir, yakni operasi.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label