Tips Bersepeda Yang Perlu Anda Ketahui Agar Anda Aman Di Jalan

Bersepeda sekarang menjadi olahraga yang trendi saat ini. Tidak heran Anda bisa menemukan orang-orang bersepeda di jalan raya akhir-akhir ini.

Namun, belakangan olahraga bakar kalori ini cukup sering dikritik oleh netizen di media sosial seperti Twitter. Hal ini dikarenakan banyak pesepeda yang tidak taat aturan dan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, Bob akan mencoba memberikan beberapa tips bersepeda yang harus diketahui oleh para pengendara sepeda. Hal ini agar anda aman saat melakukan olah raga ini di jalan raya.

Tak perlu berlama-lama lagi, berikut tips bersepeda dari Bob yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya saat akan berkendara di jalan raya!

Cek kondisi sepeda

Tips bersepeda yang pertama adalah memeriksa kondisi sepeda dalam kondisi prima sebelum digunakan. Padahal, tips bersepeda yang satu ini sebenarnya menjadi hal wajib yang tidak boleh kamu lewatkan.

Kondisi sepeda yang prima akan menghindarkan Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda bisa merawat kondisi sepeda secara rutin, misalnya tiga hari sekali atau seminggu sekali.

Kegiatan merawat kondisi sepeda itu sendiri meliputi pengecekan rantai sepeda yang bersih dari kotoran dan tidak kendor, pengereman yang baik, hingga pengecekan apakah ban sepeda tidak kempes atau malah bocor. Untuk melengkapi peralatan bersepeda anda bisa kunjungi RODALINK INDONESIA Official Store.

Untuk menjaga kondisi sepeda Anda, jangan lupa untuk sesekali membawa sepeda Anda ke bengkel khusus sepeda. Tenaga profesional tentunya dibutuhkan untuk benar-benar memastikan motor Anda dalam kondisi baik.

Gunakan Peralatan yang Direkomendasikan

Sama seperti saat mengendarai sepeda motor, Anda juga harus menggunakan perlengkapan yang disarankan untuk menjaga keselamatan dan keamanan Anda saat bersepeda.

Dalam tips bersepeda ini, ada beberapa perlengkapan yang wajib Anda gunakan. Beberapa peralatan tersebut antara lain helm sepeda khusus, sarung tangan, pelindung lutut, dan barang tambahan seperti botol minum.

Dalam menggunakan perlengkapan bersepeda, pastikan juga medan yang akan Anda lalui saat bersepeda. Intinya peralatan akan berbeda sesuai dengan kondisi yang ada.

Misalnya, Anda akan bersepeda di malam hari. Anda tentunya membutuhkan perlengkapan tambahan seperti lampu di bagian belakang sepeda agar Anda tetap aman saat bersepeda.

Antisipasi Hal-Hal Berbahaya

Hampir banyak jalan yang ditandai dengan jalur sepeda. Meski begitu, hampir semua jalur sepeda di Indonesia hanya berupa rambu, bukan jalur khusus yang dibangun untuk pengendara sepeda.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak jalur sepeda yang ditutupi oleh mobil untuk tempat parkir. Anda tentunya dituntut untuk mengantisipasi hal-hal berbahaya yang masuk ke tips bersepeda selanjutnya.

Misalnya, seseorang tiba-tiba membuka pintu mobil yang diparkir. Anda juga dapat menekan pintu mobil yang terbuka atau bahkan mungkin seseorang yang baru saja menutup pintu mobil.

Untuk itu, Bob menyarankan untuk menempuh jarak 1,5 meter dari tempat parkir mobil. Asumsi ini dimaksudkan untuk memastikan apakah ada orang di dalam mobil tersebut.

Selalu pastikan pengendara lain terlihat

Tips bersepeda berikutnya adalah memastikan bahwa Anda selalu terlihat oleh pengemudi lain, baik dari pengendara mobil atau motor. Ada beberapa alasan untuk ini.

Ada beberapa cara untuk membuatnya terlihat oleh pengendara lain. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pakaian berwarna cerah dan / atau pakaian yang memiliki permukaan reflektif.

Warna-warna cerah dengan permukaan efektif pada sepeda akan membantu Anda tampil menonjol di mata orang lain. Hal ini akan semakin berguna saat Anda bersepeda di jalan raya pada malam hari atau cuaca berkabut.

Selain mengenakan pakaian berwarna cerah, Anda juga bisa memasang lampu di bagian depan dan belakang sepeda agar pengendara lain selalu bisa melihat Anda.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label